MODUL " MENYIAPKAN KAMAR UNTUK TAMU".






 

MENYIAPKAN  KAMAR  UNTUK  TAMU
Kode Unit : KK.10









Disusun Oleh :
   NI PUTU ISTIARINI, S.E, M.M








SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NUSA DUA
BADUNG – BALI




KATA PENGANTAR

            Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Ida sang Hyang Widhi Wasa / Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan rahmat dan karunia-Nya modul ini dapat diselesaikan dengan baik. Modul ini disajikan untuk peserta didik pada Bidang Studi Keahlian Akomodasi Perhotelan, yang mana struktur dan isi dari modul ini dibuat sesederhana mungkin untuk memudahkan bagi peserta didik.
            Pada unit ini penulis membahas unit Kompetensi “Menyiapkan Kamar Untuk Tamu” adalah ssalah satu unit kompetensi yang ada pada bidang keahlian Housekeeping. Unit ini membahas tentang dimana unit ini dibutuhkan untuk melaksanakan kebersihan kamar tamu dalam jenis perusahaan pariwisata dan perhotelan.
            Akhirnya kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan modul ini, kami ucapkan terima kasih.

                                                                                    Kuta Selatan,
                                                                                    Penyusun,

                                                                                    Ni Putu istiarini, S.E, M.M












DAFTAR  ISI
Judul
Kata pengantar                                                                 
Lembar Pengesahan
Pendahuluan












LEMBAR PENGESAHAN

            Modul ini dibuat untuk membantu peserta didik menguasai kompetensi            “ Menyiapkan Kamar Untuk Tamu “, sehingga SMK Nusa Dua mengesahkan penggunaan modul ini terbatas pada lingkup internal saja.

                                                                                    Kuta Selatan
Yang Mengesahkan,
                                                                                    Kepala SMK Nusa Dua


                                                                                    Drs. I Wayan Dayung, SH, M.Si
                                                                                    NIP.19630212 198304 1 008
                                                                                   










PENDAHULUAN

            Modul ini merupakan salah satu pedoman Yang ditujukan untuk membantu peserta didik SMK Nusa Dua pada Bidang Studi Keahlian Akomodasi Perhotelan di dalam unit ini, Kompetensi yang dikembangkan pada modul ini adalah unit kompetensi ITHHBKG03AIS yaitu                                                     “ Menyiapkan Kamar Untuk Tamu “ dimana unit ini dibutuhkan dalam sebuah lingkup perusahaan pariwisata dan perhotelan.
Pada modul ini akan dibahas beberapa aspek penting yaitu :  
-Menata perlengkapan dan Trolley,                                                   
- Memasuki kamar untuk pelayanan,
- Membereskan tempat tidur,,
- Membersihkan dan merapikan kamar serta
- Membersihkan dan Menyimpan Trolley dan perlengkapan.
                                                                                                           
TUJUAN AKHIR
Setelah selesai mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan :
a. Mampu menata perlengkapan dan trolley
b. Mampu memasuki kamar dengan prosedur yang benar
c. Mampu melakukan membereskan tempat tidur sesuai dengan standar operasional prosedur
d. Mampu membersihkan dan merapikan kamar sesuai dengan standar operasional prosedur
e. Mampu membersihkan trolley dan menyimpan kembali sesuai dengan standar operasional prosedur



CARA MENGGUNAKAN MODUL

  1. Bacalah modul ini dengan hati-hati, bagian ini merupakan keterampilan dan pengetahuan yang kalian perlukan untuk dapat sukses dalam kompetensi ini.
  2. Tanyakan persetujuan pembimbing bagaimana kalian dapat mempelajari bagian ini.
  3. Jika kalian tidak Praktik Kerja Lapangan, kalian boleh menggunakan modul ini sebagai petunjuk untuk belajar dan isi dari matri ini dapat dipraktikkan pada laboratorium Housekeeping.
  4. Semua informasi yang lengkap dapat dikerjakan dalam setiap bagian.
  5. Pembimbing kalian akan menerangkan kepada kalian tentang hal penting yang kalian perlukan saat kalian melengkapi pekerjaan.
  6. Kalian akan diberikan kesempatan untuk bertanya secara singkat pada saat istirahat, praktikkanlah keahlian yang baru didapat dengan demikian kalian dapat meningkatkan kesempatan berpikir dan juga percaya diri
  7. Lebih banyaklah melakukan pekerjaan / latihan dan bertanya kepada pembimbing.
  8. Koreksilah dirimu sendiri sampai akhir masing – masing bagian.
  9. Apabila kalian sudah selesai tunjukkanlah kepada pembimbingmu.



MATERI

 Menata Perlengkapan dan Trolley

Tugas dari seorang pramu graha sangat rumit dan luas. Waktu yang tersedia cukup terbatas, oleh karena itu berusahalah menepati waktu dan menggunakannya dengan efektif dan efisien. Dengan memanfaatkan waktu yang efektif dan efisien maka hasil yang dicapai akan maksimal.

a. Persiapan diri (Penampilan)
Yang dimaksud denganpenampilan room attendant adalah penampilan dari segi fisik maupun mental yang dapat dipertanggung jawabkan perwujudannya, baik kepada tamu, atasan, maupun sesame karyawan dan sikap yang sopan selalu siap melaksanakan tugas dengan penuh keramahan dan rasa tanggung jawab. Dalam melaksanakan tugas ini Room Attendant berhubungan langsung dengan tamu. Untuk itu menjaga kebersihan dan kerapihan dari ujung rambut sampai ke ujung kaki merupakan hal yang wajib dilaksanakan. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :
1) Berpenampilan rapih dan bersih serta sopan
2) Rambut pendek diatas kerah
3) Bagi wanita bila rambut panjang harus diikat/digelung
4) Tidak mengenakan assesories yang berlebihan
5) Tidak menggunakan make-up yang berlebihan
6) Tidak berkumis/berjenggot bagi laki-laki
7) Kebersihan tangan, kaki, badan tidak berbau, kuku tidak diperbolehkan panjang
8) Kebersihan gigi
Gunakan uniform yang sesuai (right size, good quality, clean and
good condition,) dan digunakan hanya untuk kerja
b. Persiapan Peralatan
Sebelum menjalankan tugasnya masing-masing, seperti mengambil kunci kamar di Housekeeping Office dan mengambil room attendant sheet dengan wajah yang ceria, maka Room Attendant harus mempersiapkan peralatan kerja yang meliputi :
formulir pramugraha (roomboy sheet), kunci kamar, pulpen
atau pensil, buku catatan (block note) termasuk linen dan
guest supplies, dan menempatkannya dengan rapi ke dalam
room attendant trolley.
Khusus untuk penempatan linen di dalam room attendant trolley cukup untuk setengah hari kerja saja, dan sisanya akan disiapkan kembali setelah jam istirahat. Disamping itu juga perlu juga disiapkan guest supplies, untuk mengganti guest supplies yang dipakai tamu dalam kamar. Tempatkan guest supplies di dalam room attendant trolley, dan jangan membawa guest supplies terlalu banyak, bawalah guest supplies secukupnya saja.. Sebelum room attendant mempersiapkan linen, guest supllies atau peralatan kerja, mereka harus memeriksa kondisi dari pada trolley (andai kata ada kerusakan, cepat segera dilaporkan kepada supervisor) dan membersihkan trolley tersebut. Susunlah penempatan linen & guest supplies di dalam room attendant trolley sesuai dengan standard dan prosedur yang telah ditetapkan. Dengan kesiapan tersebut, seorang pramu graham dapat mulai bekerja dan memeriksa semua kamar yang akan dikerjakan. Kondisi atau status kamar itu di tulis dalam formulir pramu graha, kemudian dilaporkan atau dicatat oleh atasan atau penyelia (floor supervisor)
c. Menata Perlengkapan
Berdasarkan hasil pemeriksaan kondisi atau status kamar, seorang pramu graha dapat menghitung jumlah kamar yang akan dibersihkan, ini berarti bahwa jumlah lena yang diperlukan dapat diketahui. Berdasarkan jumlah lena yang diperlukan, seorang pramu graha melengkapi lena dan perlengkapan lainnya pada kereta pramu graha sesuai dengan kebutuhannya. Kereta kerja pramu graha, atau disebut “Room Attendant Trolley” adalah kereta kerja yang digunakan oleh pramu graham untuk membawa lena dan perlengkapan lainya dalam melaksanakan pekerjaannya. Didalam kereta ini seluruh keperluan untuk membersihkan dan melengkapi kamar tamu disimpan sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian Room attendant Trolley digunakan untuk memperoleh cara kerja yang efektif dan efisien, dan oleh karenanya Room attendant/roomboy/maid dapat membawa sekaligus seluruh peralatannya sesuai dengan yang dibutuhkan. 
Persiapan untuk seluruh perlengkapan yang harus dibawa dengan menggunakan Room Attendant Trolley tersebut diatur sedemikian rupa sehingga dapat memudahkan pramu graha di dalam mendapatkan alat yang diperlukan. Pekerjaan untuk menyiapkan kelengkapan room attendant trolley harus dilakukan oleh pramu graha sebelum dan sesudah waktu kerja mereka.
Barang-barang keperluan kamar yang dipersiapkan dalam trolley cart adalah:
Linen Supplies
1) Double sheet (sprei untuk double bed)            
2) Single sheet (sprei untuk single bed)
3) Pillow case (sarung bantal)
4) Bath towel (handuk mandi)
5) Hand towel (handuk tangan)
6) Face towel (handuk muka)
7) Bath mat/Bath Rug (keset untuk di kamar mandi)
Perlengkapan tamu (guest supplies)
1) Bath soap
2) Hair shampoo
3) Bath foam
4) Tooth brush & paste
5) Tissue
6) Toilet paper
7) Shower cap
8) Sanitary napkin
9) Sanitary bag/disposal bag
10) Sewing kit
11) Matches
12) Candle
13) Stationary kit : envelope, writing paper, postcard, cable gram, memo pad, guest comment slip, ball point brosur, stiker dll.
Others supplies :
Laundry bag, laundry cleaning list, room service menu, door knob menu, Do Not Disturb sign, telephone tend card, folder/hotel promotion, TV/video programme, sewing kit, formulir lain yang
Diperlukan
Room Supplies
1) Asbak
2) Gelas minum
3) Bola lampu, dsb
Peralatan dan bahan Pembersih yang digunakan untuk membersihkan Kamar Tamu Kotak perlengkapan pembersih atau untuk menyimpan perlengkapan dan bahan-bahan pembersih untuk keperluan Room attendant yang sifatnya kecil-kecil.
Carry cady
Sejenis kain yang dapat digunakan untuk mengelap, mengeringkan, Furniture, keramik dan porselin dan benda-benda lain yang perlu di dusting.
Wash cloth/rinse cloth/dry cloth
Sejenis sponge yang terdiri dari dua bagian pada pegangan bertektur halus dan pada penggosok seperti tapas agak kasar yang dapat digunakan untuk membersihkan dinding kamar mandi dan wastafel / wash-basin
Pad Scourer
Alat/sikat yang dipakai untuk menggosok kotoran dan noda-noda pada lantai atau dinding pada kamar mandi.
Hand Glove
Alat yang termasuk pada kelompok protective, dipakai untuk melindungi tangan dari bahaya bahan kimia
Dry Vacuum Cleaner
Mesin untuk membersihkan/ menghisap debu dan partikel-partikel lain yang menempel pada lantai karpet.
Glass cleaner
bahan pembersih untuk membersihkan kaca
 toilet bowl cleaner
 bahan pembersih untuk membersihkan toilet bowl
 MPC
bahan pembersih serba guna.
Glass Sgueezeer
Alat ini digunakan untuk membersihkan/menarik air pada saat membersihkan kaca.
 Semua peralatan dan bahan pembersih di atas dimasukkan pada carry cady pada saat Room attendant membersihkan kamar tamu, kecuali vacuum cleaner diletakkan di samping pintu kamar yang sedang dibersihkan. Semua Peralatan dan perlengkapan untuk membersihkan kamar tamu ditempatkan pada trolley itu diatur dengan rapi serta dikelompokkan pada masing-masing rack trolley. Dengan teraturnya isi trolley itu, berarti seorang pramugraha dapat dengan cepat dan tepat mengambil barang yang diinginkan. Di beberapa hotel, kereta pramugraha dilengkapi dengan sejumlah lena oleh pramugraha yang bertugas/evening/petang atau yang bertugas night/malam hari.
Jenis serta jumlah lena, perlengkapan tamu (guest supplies) alat serta bahan pembersih mungkin tidak sama antara hotel yang satu dengan yang lain.
Yang perlu perhatikan oleh seorang pramugraha pada saat menata trolley adalah:
1) Sebelum penempatan lena dan setelah selesai membersihkan kamar (pada saat storing) dusting-lah trolley terlebih dahulu sehingga trolley benar-benar terjaga kebersihannya.
2) Penempatan lena, guest supplies, alat serta bahan pembersih, dalam kereta harus seragam dan konsisten.
3) Secara berkala roda trolley harus diberi pelumas agar lancar pada saat didorong, dan tidak menimbulkan suara yang tidak enak.
Sebagai seorang room attendant, dituntut dapat mempersiapkan perlengkapan peralatan dan bahan untuk pembersihan kamar, hal ini diperlukan karena sangat menentukan kelancaran pada pelaksanaan pekerjaan pembersihan kamar itu sendiri.
Disamping kemampuan diatas juga kemempuan-kemampuan lain seperti : memeriksa keadaan trolley, set up trolley sesuai dengan penempatan yang benar

Akses ke Kamar Tamu untuk Pelayanan
1. Status Kamar
Kondisi atau keadaan kamar itu ditulis dengan kode atau simbol, yang umumnya hampir sama untuk semua hotel.
Kode atau Simbol (Istilah Status Kamar)
a. OC (Occupied ) : Kamar tersebut ditempati oleh tamu
b. V (Vacant ) : Kamar itu sudah kosong namun belum siap dijual karena belum dibersihkan.
c. VC (Vacant Clean) : Kamar itu sudah kosong dan sudah dibersihkan namun belum siap dijual
d. VCI (Vacant Clean Inspected) Kamar itu sudah kosong, sudah dibersihkan dan sudah diperiksa oleh supervisor, sehingga kamar siap untuk dijual
e. CO (Check Out) : Tamu meninggalkan hotel /kamar dan sudah membayar rekening
f. SO (Sleep Out) : Tamu sudah check in di hotel namun tamu tersebut tidur diluar ( tidak menempati kamar yang disewa )
g. DD (Don’t Disturb) : Tamu tidak mau diganggu
h. DL (Double Lock) : Kamar tersebut dikunci dua kali sehingga tidak bias dibuka dengan kunci kamar
i. OOO ( Out of Order ) : Kamar tersebut tidak bisa dijual, karena ada kerusakan

Housekeeping extra items:
a. Extra bed
b. Baby cot
c. Iron & iron board
d. Transpormator
e. Con plug
Berdasarkan hasil pemeriksaan kondisi atau status kamar itu, seorang pramugraha bisa menghitung jumlah tempat tidur yang akan dibersihkan. Ini berarti , bahwa jumlah lena yang diperlukan bisa diketahui
2. First Checking
Tujuan dari first cheking ini adalah untuk memeriksa keadaan status kamar secara nyata (riil) dengan status kamar berdasarkan data dari Print Out Computer, pekerjaan ini biasanya dilakukan oleh floor supervisor atau room attendant dipagi hari sambil mengecek cucian tamu (guest laundry)
Prosedure first checking:
a. Sebelum mengetuk pintu/bel harus diperhatikan ada tanda
 Disturb Sign atau tidak. Karena kamar-kamar dengan tanda-tanda tersebut tidak boleh diganggu/diketuk/bel.
b. Setiap mau masuk kamar harus mengetuk/mengebel dengan menyebut roomboy, checking minimal 3x walaupun kita yakin kamar tersebut tidak ada penghuninya.
c. Kalau tidak ada jawaban, buka pintu pelan-pelan dengan mengucapkan excuse me periksa keadaan kamar dengan seksama, berapa tempat tidur yang dipakai oleh tamu dan apakah ada kerusakan –kerusakan yang ditemukan, kalau ada cepat laporkan kepada Floor Supervisor untuk dibuatkan WO dan segera dikirim ke Engineering.
d. Kamar kosong (vacant:) periksa apakah segala sesuatunya dalam keadaan baik dan komplit
e. Kamar Check-out : periksa apakah ada barang-barang hotel yang terbawa oleh tamu atau apakah ada barang-barang tamu yang tertinggal, kalau ada cepat laporkan kepada floor supervisor untuk caeapt di follow-up, juga diinformasikan ke housekeeping office.
f. Kamar yang tamunya ada didalam kamar, supaya tamunya tidak tersinggung, tanyakan apakah ada Laundry/cucian yang akan dikirim ke Laundry.?
g. Kamar yang tamunya Sleep Out, laporkan kepada Floor Supervisor agar di Double Lock oleh Duty Manager.
h. Kamar yang ON/Occupied no luggage. Andaikan tidak ketemu sendiri sama tamunya, laporkan saja sebagai check out room..
i. Setelah selesai melakukan pemeriksaan, catat hasilnya pada Room Attendant sheet, dan segera laporkan kepada Floor Supervisor. Diwaktu menyalin ke dalam Room Boy sheet, dicatat juga hal yang perlu dari kamar-kamar tersebut.
3. Memasuki Kamar.
Doronglah kereta ke depan pintu kamar yang akan dikerjakan. Letakkan kereta sejajar dengan corridor, jangan sekali-kali menaruh kereta dengan posisi melintang. Usahakan agar kereta tidak menyentuh tembok kamar. Bila kereta itu tertutup pada satu sisinya, hadapkan bagian yang terbuka ke pintu kamar, supaya mudah mengambil dan menaruh perlengkapannya. Setelah kereta ditaruh dengan tepat, ketuklah/tekan bell pintu kamar dengan punggung jari, ketuk jangan terlalu keras dan jangan terlalu lembut. Ketuk pintu 3 kali, sambil menyebut identitas diri atau departemen anda. Jangan sesekali mengetuk pintu dengan kunci atau pulpen, agar supaya pintu itu tidak ternoda atau lecet. Jangan lupa posisi anda harus didepan piping hold agar tamu dapat melihat dari dalam kamar. Kalau tidak ada jawaban, ulangi lagi untuk yang kedua dan ketiga kalinya. Bila tidak ada jawaban pula, masukkan kunci di pintu dan bukalah pintu perlahan-lahan. Andaikata ada tamu yang tertidur tutuplah kembali pintu secara perlahan-lahan, usahakan jangan sampai tamu terbangun. Apabila ternyata tamunya tidak ada di kamar gantunglah tanda pramugraha (room in progress) pada pegangan/tombol pintu sebelah luar. Apabila waktu pintu diketuk ada jawaban dari tamu dan menyuruh anda masuk atau pintunya dibuka oleh tamu, sapalah tamu itu dengan kata-kata yang sopan dan ramah. Kalau anda sudah mengetahui nama tamu tersebut sapalah dengan menyebut namanya. Lanjutkan dengan permintaan untuk mengerjakan kamarnya.
Contoh : “Selamat pagi ……….,
Bolehkah saya mengerjakan kamar bapak sekarang ? atau
Good morning ……… May I clean your room now ?
Setelah kamar tamu dibuka, periksa semua bola lampu, dengan cara menyalakan lampu kemudian mematikannya. Laporkan atau catat bila ada lampu yang mati. Periksa semua perlengkapan yang lain seperti TV, AC, Refrigerator, laci-laci dll supaya jika ada kotoran maupun barang hotel yang hilang segera dapat diketahui, kemudian jangan lupa catat dan laporkan kalau ada kerusakan. Langkah selanjutnya membuka day curtain dan mengatur temperatur AC pada posisi normal/sedang. Ambil sampah dari kamar dan kamar mandi, buang sampah ke dalam kantong plastik yang ada di garbage humper pada kereta trolley. Sebaiknya sampah dimasukkan ke dalam kantong plastik jika disediakan.
Kalau ada alat-alat Room Service (Pelayanan makan dan minum di kamar) keluarkan dan letakkan di servis area, atau hubungi bagian “room service, melalui telepon. Bila ada pakaian tamu yang hendak dicuci, hubungi bagian binatu melalui telepon, atau langsung diantar ke bagian binatu (sesuai dengan ketentuan yang berlaku). Jika harus diantar oleh pramugraha, periksa dan cocokanlah dengan daftar cucian yang telah diisi oleh tamu.
Hal-hal yang perlu diperhatikan Pada saat mau membersihkan kamar, tamu berada di kamar(When The Guest in the room)
1. Mintalah maaf jika menggangu tamu, dan tanya kapan waktu yang tepat bagi anda untuk kembali lagi dan membersihkan kamar.
2. Jika tamu sedang tidur, tinggalkan kamar secara perlahan . Jika anda menyalakan lampu, matikan lampu tersebut kembali.
3. Jika anda mendengar suara yang menunjukkan bahwa tamu ada di kamar mandi dan mungkin tidak mendengar anda, tinggalkan kamar dan tutup pintu kembali secara perlahan.
4. Jika tamu tersebut dapat mendengar anda dari kamar mandi, mintalah maaf dan bilang bahwa anda akan kembali lagi nanti
5. Pada saat memasukki kamar jangan meninggalkan kunci kamar pada trolley cart, hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan baik oleh petugas lain maupun tamu yang lewat.

 Membereskan Tempat Tidur
1. Jenis-jenis tempat Tidur
 Jenis Tempat Tidur Keterangan
1. Single bed Satu buah tempat tidur yang ditempati untuk satu orang
2. Twin Bed Dua buah tempat tidur yang ditempati untuk dua orang
3. Double bed Satu buah tempat tidur yang ditempati untuk dua orang
4 Exstra Bed Tempat tidur tambahan
5. Baby Cot /Crib Tempat tidur khusu untuk bayi
6. Studio Bed Tempat tidur yang dapat digunakan untuk sopa atau sebaliknya (dwi fungsi)
2. Bagian-bagian tempat tidur dan perlengkapannya
Bagian-bagian Tempat Tidur :
-          Bed Head Board
-          Matres ditutup dengan bed cover
-          Bed Based
-          Bed weel & bed
-          Leg
3. Striping The Bed .
Sebelum tempat tidur ditata dengan lena yang bersih, lena yang telah dipakai harus dibuka satu persatu dengan baik. Setiap membuka lena dari tempat tidur harus dikibaskan untuk melihat kalau-kalau ada barang milik tamu yang yang terselip dalam lena atau lena yang kena noda dan rusak.
Adapun tatacara membuka lena yang benar adalah sebagai berikut :
a. Buka sarung bantal, dan letakkan bantal itu di atas kursi yang terdekat dengan tempat tidur.
b. Tarik sheet yang ketiga dan letakkan diatas kursi yang terdekat dengan tempat tidur.
c. Tarik selimut (blanket) dan letakkan dengan baik di atas sandaran kursi untuk diangin-angin. Tetapi kalau selimut itu harus diganti gulunglah dan letakkan/gabunglah dengan sheet ketiga tadi.
d. Tarik sheet yang kedua dan letakkan ditempat yang disebutkan diatas.
e. Tarik dan gulung seprei yang pertama atau yang paling bawah letakkan ditempat yang disebut diatas.
f. Ambil semua lena yang kotor baik yang ada di kamar maupun di kamar mandi yang telah dipakai, bawa dan letakkan kantong lena kotor (linen humper) pada kereta trolley. Yakinkan bahwa anda harus membawa beberapa jenis handuk dan lena yang harus diganti.
g. Pada saat kembali ke kamar anda harus membawa sheet dan pillow cases serta towel sesuai yang diperlukan untuk ditata.
4. Menata Tempat tidur
Setiap tamu yang merasakan kepuasan atas pelayanan anda, akan memberikan rekomendasi yang baik terhadap hotel anda. Hal ini sekaligus akan meningkatkan reputasi hotel anda dan kesejahteraan anda sebagai karyawan. Agar anda dapat melaksanakan kewajiban anda dengan baik, perhatikanlah kewajiban anda dengan baik, perhatikanlah penjelasan serta langkah-langkah menata tempat tidur berikut ini.
Menata tempat tidur dengan menggunakan 2 atau 3 sheet.
a. Secara berkala baliklah Mattress sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Biasanya dilakukan sekali dalam sebulan.
b. Letakkan pelindung mattress atau “bed pad/bed protector” atau mattress pad” diatas mattress. Pelindung mattress ini berfungsi untuk menjaga supaya mattress tidak basah dari keringat atau cairan lain. Pelindung ini harus dibalik setiap hari.
c. Room attendant berdiri di depan meja malam (nigth table) menghadap ke arah tempat tidur yang sedang ditata.
d. Atau dapat berdiri di Top tempat tidur, hal dilakukan agar tidak membelakangi tamu atau memudahkan menebarkan sheet (simetris)
e. Tebar/pasang sheet pertama dengan baik ke atas tempat tidur dan lipat kebawah tempat tidur keempat sudutnya membentuk sudut 45 derajat. Jahitannya menghadap ke bawah dan sisa sheet yang ada di kepala dan kaki tempat tidur harus sama. Garis lipatan atau setrika harus berada ditengah-tengah tempat tidur.
f. Lipatlah ujung sheet pada bagian kepala tempat tidur dan yang terdekat dengan anda.
g. Lipat ujung sheet pada bagian kepala tempat tidur yang terdekat dengan anda
h. Pasang atau tebarkan sheet yang ke dua. Jahitannya menghadap ke atas dan ujung depannya sejajar dengan ujung kasur.
i. Pasang atau lemparkan selimut diatas sheet ke dua. Ujung depannya terletak kira-kira 30 cm ujung kasur.
j. Pasang atau tebarkan sheet yang ke tiga. Jahitannya menghadap ke bawah dan ujung sejajar dengan ujung kasur
k. Lipat ujung sheet ke dua dan ketiga atas selimut
l. Masukkan sheet ke dua dan selimut sepanjang sisi tempat tidur yang terdekat dengan diri anda.
m. Lipat sekaligus ujung sprei dan selimut di sudut terdekat bagian kaki tempat tidur.
n. Lipat dan masukkan ujung sheet pertama pada bagian kepala sisi berikutnya.
o. Masukkan sekaligus dengan rapi sheet ke dua dan ketiga serta selimut pada sisi tersebut.
p. Tutup tempat tidur dengan tutup tempat tidur atau “bed spread” atau
“ bed cover” dengan rapi
q. Ambil sarung bantal, masukkan bantal ke sarungnya. Bantal jangan dijepit dengan dagu
r. Letakkan bantal pada tempatnya.
s. Dorong atau letakkan tempat tidur pada tempatnya.
 Membersihkan dan Merapikan Kamar
1. Teknik dan prosedur membersihkan perlengkapan
Perlengkapan kamar dalam hal ini perabot kamar atau “room equipment: yang biasanya berupa furniture, setiap saat perlu dibersihkan dari debu dan kotoran lain. Pekerjaan ini dilakukan setelah menata tempat tidur. Agar semua perlengkapan benarbenar bersih, maka dalam kegiatan pembersihan dilakukan urut-urutan atau perputaran gerakan pembersihan biasanya searah dengan jarum jam (clockwise atau un clock wise) Perabotan kamar atau furniture setiap saat perlu dibersihkan dari debu. Hal ini dapat dilaksanakan dengan beberapa cara antara lain
mengelap atau dusting. Supaya mendapatkan hasil yang baik, pakailah yang lembut atau sesuai dengan petunjuk atau objek yang akan dibersihkan. Dalam kegiatan ini ada beberapa teknik pembersihan yang diterapkan antara lain:
a) Dusting
Diterapkan terhadap hampir semua perabot/perlengkapan kamar. Mengenai alat pembersih, bahan pembersih serta teknik pembersihan
b) Damp dusting
Diterapkan terhadap perlengkapan kamar yang dicat atau perlengkapan lain yang tidak menyerap air
c) Polishing
Diterapkan terhadap perlengkapan kamar yang di politur, pekerjaan ini dilakukan secara berkala, dan biasanya dilakukan terhadap kamar Check-out (C/O)
d) Glass wipping
Diterapkan terhadap perlengkapan kamar atau bagian kamar yang berupa cermin (Full length mirror, dressing mirror, wash basin mirror, dan juga terhadap kaca jendela atau dapat digunakan juga pada kaca penutup meja.
Alat dan Bahan Pembersih yang diperlukan
Alat
􀂃 Dust cloth
􀂃 Clean cloth
􀂃 Botle sprayer
􀂃 Glass wiper
Bahan perbersih/Bahan kimia
􀂃 Wooden polish
􀂃 Glass cleaner
Teknik dan prosedur pembersihan
a. Pindahkan atau geser barang-barang yang ada diatas meja (furniture) dengan teratur, supaya mudah dikembalikan pada ketempat/posisi semula.
b. Lipatlah lap itu dengan rapi, bersihkan semua perabotan kamar, agar tidak ada bagian yang terlupakan atau terlewatkan, lakukan dengan cara yang teratur atau berurutan.
c. Mulailah mengerjakan dari serambi kamar atau tempat lain yang telah ditentukan, kemudian dilakukan dengan urut-urutan atau berputar sesuai dengan arah jarum jam atau sebaliknya.
d. Secara berkala parabotan ini perlu juga disemir dengan semir perabotan rumah atau furniture polish. Bila perlu lakukan pembersihan dengan lap lembab. Perhatikan pada bagian yang sekecil-kecilnya, antara lain laci, meja, bola lampu. Jangan lupa membersihkan bagian bawah alat-alat yang bisa diangkat seperti lampu duduk dsb.
e. Setelah semuanya bersih dari debu, letakkan lap lembut tadi pada tempatnya, kemudian ambil perlengkapan dan bahan pembersih kaca untuk membersihkan kaca jendela, pintu, cermin dengan metoda yang benar. Teknik pembersihan kaca atau cermin ini disebut glasses wipping.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Teknik dan prosedur pembersihan
a. Kerjakan pembersihan dari bagian atas ke bawah
b. Furniture yang kakinya dilindungi dengan logam/besi diberi alas dari plastik/karton agar tidak meninggalkan noda bekas karat
c. Sambil mendusting jangan lupa sambil memeriksa kelengkapankelengkapan guest supplies yang sudah terpakai/ kurang untuk diganti pada saat anda melengkapi guest supplies

2. Melengkapi Guest Supplies Kamar Tidur
Kamar yang sudah dibersihkan perlu dicek lagi kelengkapan fasilitasnya. Letak perlengkapan tersebut harus sesuai standar baik jumlah maupun penempatannya, misal logo nama hotel harus dapat dilihat dan dibaca oleh tamu begitu tamu masuk ke dalam kamar. Apabila ada kekurangan maka harus segera dilengkapi. Prosedur restocking yang harus dilaksanakan oleh room boy adalah sebagai berikut:
a. Persiapkan persediaan guest supplies dalam trolley cart secara teratur, rapi sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan
b. Cek terlebih dahulu guest supplies mulai dari door, closet, dresssing table, TV, coffe table, nite table, agar agar melengkapinya dengan cepat dan tepat
c. Dalam melengkapi kebutuhan tamu harus dicatat di dalam roomboy control sheet. Hal ini mutlah harus dilakukan agar tertib administrasi, untuk pengendalian pemakaian guest supplies, serta untuk mengetahui jumlah pemakaian guest supplies setiap hari,
setiap minggu maupun setiap bulan
d. Membuat catatan khusus di dalam kolom remark pada roomboy control sheet atau log bog yang belum lengkap agar dapat dilengkapi oleh roomboy shift berikutnya.
Perlengkapan guest supplies yang harus tersedia misalnya :
Pintu/Door dilengkapi dengan
a. Door knob menu
b. Do not distrub sign
c. Sign Room progres
Closet ward robe/cupboard, dilengkapi dengan:
a. Hanger pria dan wanita
b. Shoes shine
c. Laundry bag Laundry list, Dry cleaning list & PO list Dressing table, diatasnya atau disekitarnya:
a. Stationary holder yang berisi : Brosure, Guest questionaire, post card, rate sheet, amplop, lembar kertas surat, lembar kertas fax
b. Room service menu
c. Tray dengan water jug dan drinking glas
d. TV dengan video program/TV program
e. Tend card petunjuk penggunaan hand iron
f. Safe deposit box
Nigth Table
a. Nigth lamp
b. Service directory book
c. Memmo pad
d. Balpoint
e. Telephone
Coffe table diatasnya dilengkapi dengan maches dan astray
3. Penangan Kehilangan dan penemuan Barang (Lost & Found)
Bila kamar tersebut baru saja ditinggalkan oleh tamunya (C/O) periksalah dengan seksama kalau-kalau ada barang tamu yang tertinggal. Kalau ada barang yang tertinggal hubungi segera supervisor yang bersangkutan dengan cepat atau kantor depan dengan cepat jika barang tersebut merupakan barang berharga. Barang milik tamu yang tertinggal harus diserahkan kepada supervisor dan akan dicatat pada buku Lost and Found. Kalau kamar yang dibersihkan itu Occupied biasanya banyak barang atau pakaian tamu yang berserakan di atas tempat tidur, kursi. Untuk mengatasi hal hal ini gantung dan letakkan barang-barang tersebut dengan rapi pada tempat yang semestinya.
4. Membersihkan dan Menata Kamar Mandi
Yang dimaksud dengan cara membersihkan dan menata kamar mandi adalah bagaimana caranya roomboy membersihkan dan mengatur perlengkapan yang ada di dalam kamar mandi sehingga bersih, aman dan nyaman. Karena tamu yang memasuki kamar, biasanya melihat kebersihan dan kelengkapan kamar mandi. Ini berarti bahwa kebersihan dan kelengkapan kamar mandi umumnya dijadikan tolok ukur terhadap kebersihan kamar ataupun kebersihan hotel itu sendiri. Oleh karena itu pragmugraha harus mempunyai wawasan yang luas, mempunyai pengetahun dan keterampilan tentang alat pembersih, bahan pembersih serta barang-barang keperluan tamu yang ditempatkan di kamar mandi. Alat-alat sanitasi, serta metode yang digunakan di berbagai hotel cukup berpartispasi. Umumnya alat-alat sanitasi yang ada di kamar mandi ialah:
a. Tempat mencuci tangan (wash basin)
b. Bak mandi (bath tub) dan shower
c. Jamban (toilet bowl)
Disamping alat-alat tersebut kadang-kadang dilengkapi juga dengan “bidet” yang fungsinya sama dengan jamban, yang biasanya dipakai khusus untuk wanita. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas, perhatikanlah denah kamar mandi dengan perlengkapannya.
a. Persiapan
Menyiapkan peralatan serta bahan pembersih berupa sikat kamar mandi, toilet bowl brush, sponge, OO towel dan obat pembersih . Keseluruhan peralatan dan obat-obatan tersebut harus
dipersiapkan dalam keadaan bersih.
b Langkah – langkah membersihkan alat-alat Sanitasi :
1) Semburkan “Flusing” air pada jamban atau “toilet bowl” menghanyutkan/membuang bila ada kotoran tertinggal didalamnya. Kemudian tuangkan bahan pembersih (disinsfectant), biarkan
beberapa saat sambil menunggu bahan pembersih tersebut bereaksi, tinggalkan untuk mengerjakan pekerjaan yang lain
2) Cuci gelas dan asbak yang direndam dalam “wash basin” kemudian telungkupkan dimeja wash basin atau diletakkan di atas roomboy trolley yang sudah dialasi dengan napkin khusus untuk gelas
3) Mulailah membersihkan bagian atas, antara lain kaca atas wash basin table dengan chemical khusus yang telah disiapkan
4) Cucilah “Wash basin” dengan campuran air dan sabun cair dan digosok dengan spon (soft/hard). Cucilah semua kran dan pipa air. Bilaslah dengan air secukupnya, jangan lupa membersihkan kotoran yang mengendap pada saringan air.
5) Bersihkan bak mandi, Mulailah dari membersihkan pancuran atau “shower”kemudian dilanjutkan ke dinding dan akhirnya bak mandi (bath Tub). Gosoklah dengan sponge gunakan sabun cair, bila dasar bak mandi masih kotor, gosoklah dengan bubuk pembersih. Bilaslah dengan baik, bila perlu pakai air hangat dari kran air atau shower.
6) Bersihkan tirai mandi dengan alat dan bahan tersebut diatas. Kemudian bilas dengan air bersih.
7) Keringkan dengan lap katun mulai dari “shower” dinding kamar mandi, bak mandi, tirai mandi, dan semua kran.
8) Keringkan gelas dan asbak yang ditaruh diatas meja “wash basin” atau diatas roomboy trolley kemudian masukkan gelas yang sudah bersih dan kering itu ke dalam plastik pembungkus. Keringkan “wash basin”, pipa dan semua keran
9)Bersihkan bagian dalam jamban atau “toilet bowl” Gosokkan dengan sikat khusus (toilet bowl brush) jamban secara merata, semburkan atau “flushing” air jamban beberapa kali sampai buih
sabunnya habis.
10) Kibaskan sikat jamban kemudian masukan ke dalam kantong plastik atau tempat jamban yang sudah disediakan.
11) Gosok tangki air, pipa, tempat duduk dan bagian bawah jamban dengan sepon yang berisi sabun dan “disinfectant”, kemudian bilaslah dengan air bersih yang diambil dari kran bak mandi atau ember yang sudah disiapkan.
12) Bersihkan pintu kamar mandi pada bagian dalam dan luar.
13) Kembalikan Cary Cady atau kotak alat dan bahan pembersih ke dalam trolley cart.
5. Melengkapi guest supplies kamar mandi.
Kamar mandi disamping harus dibersihkan harus pula dilengkapi dengan beberapa handuk dan barang-barang keperluan tamu. Setelah mengerjakan pekerjaan yang membersihkan alat-alat
sanitasi, ambilah handuk dan amenities ataupun pelengkapan kamar secukupnya, sesuai dengan petunjuk atau aturan.
Berikut adalah standard bathroom supplies yang harus tersedia adalah:
a. Wash Towel/face Towel = 2 buah
b. Hand Towel = 2 buah
c. Bath Towel = 2 buah
d. Bath Mat = 1 buah
e. Toilet paper = 1 rol
f. Tissue box = 1 box
g. Shower cap = 1 buah
h. Shampoo = 1 botol
i. Conditioner = 1 botol
j. Hair Dryer = 1 buah
k. Bath Soap = 1 buah
l. Bath Foam = 1 buah
m. Bath Robe = 1 buah
n. Cotton Bud = 1 buah
o. Pasta Gigi = 2 buah
p. Toot Brush = 2 buah
q. Comb = 1 buah
r. Waste Basket = 1 buah
s. Sanitary Can = 1 buah
t. Disposal Bag = 1 buah
u. Astray = 1 buah
v. Glass = 2 buah
w. Glass Cover = 2 buah
x. Scale = 1 buah
y. Flower Vase = 1 buah
6. Membersihkan Lantai kamar mandi (cleaning the bathroom floor)
Moplah lantai kamar mandi dengan menggunakan long stick mop atau oo towel dari arah terjauh dan berakhir di pintu masuk kamar mandi, jangan lupa lantai kamar mandi juga harus di vacuum agar kotoran pasir atau rambut yang tertinggal dapat dibersihkan.
7. Membersihkan Lantai Kamar Tidur
Lantai adalah bagian bangunan atau ruangan yang paling cepat kotor. Supaya kamar tetap bersih, maka lantai harus dibersihkan setiap saat. Karena itu dibuat dari berjenis bahan, maka jenis pembersihannya pun berbeda. Perhatikan arah darimana pertama kali membersihkan lantai. Ambillah tempat yang terjauh dahulu. Jangan lupa bersihkan sudut-sudut dan kolong-kolong sekaligus untuk melihat apakah ada barang-barang kecil milik tamu yang terjatuh.
Lantai permadani (karpet dibersihkan dengan penyapu permadani atau “Box Sweeper” dan alat penghisap debu “Vacuum Cleaner”
Jenis lantai yang lain dibersihkan dengan cara menyapu dan mengepel (damp sweeping atau mopping). Setelah dilakukan pekerjaan membersihkan kamar mandi, ambillah perlengkapan menyapu, yakni sapu dan penampung sampah atau “dust pan”. Bersihkan lantai dari serambi, dan diteruskan di dalam kamar dan terakhir pada pintu masuk. Jangan lupa menyapu di tempat yang tersembunyi seperti dibawah meja, dibalik pintu dan lain-lain.
8. Pemeriksaan Terakhir (Final Check)
Final check dilakukan bertujuan agar pekerjaan room attendant tidak ada yang tertinggal, sehingga tamu tidak complain gara-gara pekerjaan yang tidak maksimal
Bagian-bagian dan tempat yang harus diperhatikan dalam pemeriksaan terakhir.
a.Jendela tertutup, night curtain, dan glass curtain dalam posisi yang benar
b. Pemanas terpasang kembali
c. Sprei kasur terpasang dengan rapi
d. Lampu nyala dan gambar telah bersih
e. Penerangan berfungsi
f. TV, radio, dan alat elektronik lain bekerja
g. Bar kecil telah penuh
h. Tidak ada noda di cermin atau permukaan benda
i. Pintu tertutup
j. Pintu bebas dari tanda jari
k. Di bawah karpet dan sekitar perabot telah bersih
l. Perabotan dalam posisi yang tepat
m. Persediaan tamu telah terisi
n. Tidak terdapat alat pembersih yang tertinggal di kamar
o. Tempat sampah dan asbak dalam keadaan kosong dan bersih
p. Alat – alat yang harus diperbaiki atau yang dibersihkan secara khusus harus dilaporkan Sebelum meninggalkan kamar, semprotkan penyegar dengan pewangi yang netral dengan cara berjalan mundur dimana roomboy sambil melihat sekeliling kamar juga bathroom disemprotkan dengan pewangi tersebut, agar udara di dalam kamar tetap segar dan wangi. Pintu kamar ditutup dengan baik dilanjutkan dengan mengerjakan lainnya
9. Administrasi/Pengisian Roomboy Control Sheet
Mencatat semua lena, perlengkapan tamu dan keterangan lainnya selama mengerjakan kamar. Tulis pada formulir pramugraha sesuai dengan standar/prosedur operarional. Berakhirlah tugas anda menyiapkan kamar tamu, dan lanjutkan membersihkan dan menata kamar berikunya.


EVALUASI

Dibawah ini merupakan evaluasi diri terhadap penguasaan materi
1. Sebutkan alat–alat manual yang dipersiapkan seorang room attendant sebelum mempersiapkan kamar tamu!.
2. Sebutkan jenis-jenis linen yang dipergunakan pada kamar mandi
3. Sebutkan bahan pembersih yang digunakan untuk membersihkan kaca
4. Langkah apa yang harus dilakukan sebelum penataan trolley cart
5. Sebutkan langkah-langkah penataan trolley
6. Sebutkan macam-macam status kamar!.
7. Jelaskan prosedur memasuki kamar kosong
8. Apa yang anda lakukan pada saat memasuki kamar , bila tamu tamu tersebut tidak menginginkan kamarnya dibersihkan
9. Apa yang anda lakukan bila terjadi perbedaan status kamar antar hasil frint out dan data sebenarnya
10. Bagaimana bila salah satu ammenities yang seharusnya disediakan bagi tamu tetapi tidak ada pada room attendant trolley
Jika hasil evaluasi diri kalian jbisa menjawab pertanyaan diatas dengan  benar dan tepat semua, maka kalian dapat melanjutkan ke modul berikutnya.
Jika salah satu pertanyaan diatas kalian tidak bisa menjawab, maka konsultasikanlah dengan pembimbing / guru kalian untuk mendapat materi tambahan


SUMBER – SUMBER
 
            Buku atau sumber yang dapat kalian gunakan untuk meningkatkan kemampuan kalian :
1.    Tata graha hotel
2.    Learning package : meyiapkan kamar untuk tamu


BAGAIMANA KALIAN AKAN DI UJI

  1. Keterampilan dan pengetahuan penunjang
1.1  Sebelum di uji kompetensi ini, kalian harus sudah menguasai keterampilan dan pengetahuan tentang jenis – jenis atau perlengkapan kamar tidur dan kamar mandi, tipe kamar tidur hotel, dan hal – hal dalam menyiapkan kamar untuk tamu
  1. Konteks penilaian
2.1  Unit ini wajib di nilai berdasarkan pada saat bekerja atau tidak bekerja
2.2  Penilaian harus mencangkup peragaan praktis ditempat kerja. Hal ini harus didukung oleh serangkaian metode – metode untuk menilai pengetahuan penunjang
  1. Aspek penting penilaian
3.1 Petunjuk harus mencangkup kemampuan yang diperagakan dalam  menyiapkan kamar untuk tamu sesuai dengan standar operasional posedur yang sudah ditentukan .


LEMBAR KERJA
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….............................

Komentar

  1. jelaskan hal apa saja yang harus di lakukan oleh petugas kamar sebelum merapikan tempat tidur

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH SOAL - SOAL TATA GRAHA

MATERI TATA GRAHA , kegiatan pembelajaran 1 Menata Perlengkapan Trolley

MATERI TATA GRAHA, Kegiatan Pembelajaran 3. Menata Tempat Tidur